Pages

Sabtu, 24 Oktober 2009

Hasil ILC 2009 Makassar



inilah hasil dari pertemuan ILC Makassar yang di adakan di Unhas pada hari Sabtu, 18 Oktober 2009




  • Memilih KPLI NTB sebagai penyelenggara ILC2011, dengan blek sebagai person in charge.
  • Mengusulkan pada panitia ILC2010 Bogor untuk memperluas materi ILC agar mencakup aplikasi dan OS FOSS lainnya, seperti openoffice, blender, openbsd, dll
  • Menunjuk KPLI Makassar a.k.a. LUGU untuk membuat hardware compatibility list, dengan Irvin sebagai person in charge.
  • Membantu perkembangan nusantara-linux, baik dengan cara aktif di mailing list, maupun dalam pengembangannya.
  • Jika ada kegiatan sosialisasi/training/seminar atau sejenisnya yg dilakukan oleh komunitas dan membutuhkan konten (mungkin CD, modul,dll), maka bisa dikomunikasikan ke Ristek, siapa tau Ristek bisa ikut menyumbangkan konten.
  • Perlunya gerakan utk mempublikasikan kepada publik, hasil2x yg telah dicapai oleh kegiatan2x spt ILC, maupun hasil dari berbagai kegiatan/karya oleh komunitas, dengan tujuan agar publik mengetahui dan dapat memanfaatkan hasil tsb. Salah satu contoh adalah spt poin #3 (yaitu membuat linux-compatible hardware list agar tersedia utk umum).
  • Usulan (dari pak Made Wiryana) agar POSS maupun komunitas, juga melakukan kegiatan2x yg sifatnya membuat(create/develop) suatu karya. Jadi tidak selalu hanya kegiatan2x berupa seminar dan sosialisasi. Ibaratnya, setelah kita sudah bisa menggunakan (use), maka sepatutnya kita juga bisa/mampu berkarya.
  • Untuk migrasi di instansi pemerintah, jika ditemui masalah dalam hal persetujuan atau kurangnya respon positif dari instansi tsb, maka bisa meminta bantuan Depkominfo utk melakukan pendekatan secara G2G (gov to gov).
  • Diingatkan kpd Depkominfo-Ristek: Jangan sampai program IGOS 2011 hanya sebatas slogan, karena tidak punya arahan yg jelas utk mencapai tujuan. Dari peserta dan perwakilan KPLI yg hadir pd ILC 2009, dapat disimpulkan bahwa KPLI2x siap membantu Depkominfo dlm mewujudkan tujuan IGOS 2011.
  • Usulan (dari dr.Mahmud) : Dalam pemigrasian di tiap2x instansi/ departemen agar bisa disertai paket2x aplikasi yg dinilai relevan dgn pekerjaan di instansi/departemen tsb. Hal ini agar menjadi nilai tambah dan menjadi daya tarik agar user mau bermigrasi. Tanpa unsur nilai tambah, maka kemauan/minat user utk bermigrasi tentu sarat dgn penolakan (resistance). Usulan ini direspon positif, dan semoga beberapa aplikasi (spt e-gov) yg telah dikembangkan oleh depkominfo/ ristek dapat disertakan dlm distro atau repo (atau entah apa istilahnya).
  • Direkomendasikan (usulan pak Made Wiryana), agar Depkominfo ataupun Ristek (Pemerintah) menyusun Standar Requirement Aplikasi yang baik, agar siapapun yang ditunjuk untuk membuatnya punya arah yang jelas.
source : http://ilc2009.web.id/

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More